Press ESC to close

Elemen-elemen Dasar Branding

Hallo selamat datang di Digiside! Pada artikel kali ini kita akan membahas mengenai Elemen-elemen Dasar Branding.

Untuk lebih jelasnya, mari kita simak pembahasannya berikut ini.

Pengertian Branding

Elemen-elemen Dasar Branding

Kamu pasti sudah sering mendengar istilah branding. Namun, sebelum memahami branding, penting untuk mengetahui apa itu brand.

Brand adalah ciri khas, simbol, atau istilah yang digunakan untuk membedakan suatu produk atau layanan dari yang lain.

Karena itu, branding merujuk pada semua aktivitas komunikasi yang bertujuan untuk mempertahankan, membangun, dan memperkuat brand tersebut.

Tujuannya adalah untuk membentuk pandangan publik terhadap perusahaan. Jadi, bagi perusahaan, branding bukan hanya tentang nama atau produk yang kamu kenal, tetapi juga tentang keseluruhan citra atau persepsi publik terhadap perusahaan tersebut.

Semua elemen yang tampak dalam sebuah merek, mulai dari logo, citra, karakter, kredibilitas, hingga identitas visual, termasuk dalam branding. Oleh karena itu, perusahaan biasanya melakukan branding untuk mencapai berbagai tujuan yang diinginkan.elemen-elemen dasar branding

Elemen Branding yang Paling Penting  

Elemen-elemen Dasar Branding

Sebelum memulai proses branding, ada 10 elemen branding yang perlu dipersiapkan. Elemen-elemen ini menjadi panduan utama dalam menjalankan aktivitas branding. Berikut penjelasan mengenai 10 elemen tersebut:

1. Identitas Brand  

Identitas brand adalah cara orang mengenali suatu brand, mencakup nama, logo, slogan, bentuk, warna, suara, serta keuntungan yang ditawarkan, baik itu rasa, aroma, atau kesan.

2. Citra Brand  

Citra brand adalah bagaimana orang membayangkan brand tersebut—apakah terlihat mewah atau sederhana, dewasa atau muda, ceria atau berani, dan seterusnya.

3. Posisi Brand  

Saat membangun brand, penting untuk menentukan posisi brand di pasar—bagaimana brand melihat dirinya sendiri, bagaimana konsumen melihatnya, dan bagaimana brand tersebut dibandingkan dengan kompetitor.

4. Kepribadian Brand  

Seperti manusia, brand juga memiliki kepribadian yang harus selaras dengan citra dan posisi brand yang telah ditentukan.

5. Ekuitas Brand  

Ekuitas brand adalah nilai yang menggambarkan seberapa kuat brand di pasar, dan bagaimana brand tersebut menjadi terkenal serta menjadi top of mind di kalangan masyarakat.

6. Pengalaman Brand  

Pengalaman brand mencakup berbagai interaksi konsumen dengan brand, mulai dari pemilihan hingga penggunaan brand.

7. Diferensiasi Brand  

Elemen ini menunjukkan aspek unik dari brand yang membuatnya mudah dibedakan dan dikenali dari pesaing.

8. Komunikasi Brand  

Pemasar harus menentukan pesan komunikasi yang ingin disampaikan dan secara konsisten mengomunikasikannya untuk memperkuat ekuitas brand.

9. Kesenjangan Brand  

Selama proses branding, bisa terjadi kesenjangan antara apa yang dijanjikan dan apa yang diterima konsumen, sehingga penting untuk meminimalkan kesenjangan ini.

10. Asosiasi Brand  

Dalam menyampaikan pesan branding, penting untuk memilih media dan komunikator yang memberikan asosiasi positif guna menjaga citra brand. Misalnya, memilih duta brand dengan citra positif di masyarakat.

Akhir Kata

Mungkin itu saja yang dapat kami sampaikan mengenai Elemen-elemen Dasar Branding. Semoga informasi tersebut dapat bermanfaat bagi kita semua.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *