Press ESC to close

Personal Branding Untuk Penulis Dan Blogger

Bagi Anda yang ingin mencari Personal branding untuk penulis dan blogger, Yuk Anda bisa simak pembahasan sebagai berikut.

Personal Branding Untuk Penulis Dan Blogger

Menjalin sebuah relasi yang lebij profesional, perlu untuk membangun personal branding Terlebih, pada era digital dimana manusia akan hidup tidak terlepas dari media sosial.

Bagi seorang blogger, pentingnya untuk personal branding untuk membedakan mana yang hanya pecitraan dan mana yang mencerminkan kepada kepribadian, keahlian, sekaligus kemampuan.

Personal branding yang sudah tepat akan membangun sebuah persepsi serta citra positif dari masyarakat. Terlebih, ketika akan memulai karir agar lebih ingin dikenal yang secara profesional.

Apa Itu Personal Branding

Personal branding yang merupakan suatu proses untuk membentuk sebuah persepsi masyarakat yang terhadap diri seseorang.

Oleh karena itu, kita juga perlu untuk memahami diri sendiri, diiringi dengan adanya kemajuan untuk mengembangkan dan memaksimalkan potensi, agar bisa untuk menunjukkan nilai unggul dan karakter yang benar-benar sudah sesuai dengan kepribadian.

Komponen Personal Branding

Komponen Personal Branding

Personal branding yang sudah tepat dapat memperkuat dan mempertahankan eksistensi diri. Untuk itu, terdapat sebuah komponen utama dan pendukung yang perlu untuk diperhatikan dalam membangun personal branding.

Komponen Utama

Komponen yang utama merupakan hal penting yang harus sudah ada ketika seseorang yang akan membranding dirinya.

Selain untuk berguna dapat menentukan kelemahan dan kelebihan, juga lebih menguatkan dari proses memaksimalkan potensi diri.

Nilai

Nilai dari sebagai sesuatu yang tumbuh dan dapat mengakar dalam diri seseorang serta senantiasa dipegang teguh. Erat kaitannya dengan prinsip, keyakinan, maupun kesukaan dari seseorang dan berperan besar dalam membentuk diri dan berpengaruh dalam untuk pengambilan keputusan.

Keterampilan

Keterampilan dapat berpengaruh pada cara seseorang dapat melakukan dan menghasilkan sesuatu, sekaligus menunjukkan kompetensi yang sudah dimiliki. Semakin baik dari ketrampilan yang sudah dimiliki, akan semakin kuat pula untuk personal brandingnya.

Perilaku

Penilaian orang yang akan sangat bergantung dengan perilaku. Membentuk sebuah personal branding dapat diperlukan perilaku positif, yang mengharuskan seseorang terus untuk berupaya yang terbaik untuk memperbaiki diri.

Komponen Pendukung

Selain 3 komponen utama, terdapat dari komponen pendukung yang akan semakin untuk memperkuat cara masyarakat melihat diri seseorang.

Penampilan

Citra yang sedang ingin dibangun perlu untuk didukung dengan sebuah penampilan. Bagaimana sih gaya untuk berpakaian, mode yang sedang diikuti, maupun testur tubuh akan memudahkan orang untuk melihat mata.

Meski begitu, tetaplah menjadi diri sendiri agar tanpa harus menjadi orang lain agar bisa lebih mendapatkan kepercayaan.

Keunikan

Untuk membangun sebuah personal branding juga dapat mendorong kita untuk menemukan ciri khas dalam diri. Keunikan ini dapat berguna untuk membedakan dengan orang lain.

Autentik

Autentik didapatkan ketika seseorang dapat mampu untuk memahami dirinya sehingga dalam di setiap tindakan dan pengambilan Keputusan untuk mencerminkan dirinya yang sebenarnya.

Cara Membangun Personal Branding Bagi Blogger Pemula

Menciptakan sebuah hubungan yang baik dan dapat membangun relasi yang sehat dengan orang lain membutuhkan personal branding yang kuat.

Terutama bagi seorang blogger yang sudah banyak untuk berinteraksi di dunia maya dan dapat membagikan karya yang melalui konten-konten nonfisik.

1. Kenali diri

Proses akan mengenali diri sebagai seorang blogger, dilakukan dengan kembali untuk mengingat sebuah alasan dan tujuan untuk berkecimpung di dunia blogging.

Sekaligus untuk didukung dengan mengavaluasi apa yang telah dicapai dan dapat memetakan hal-hal yang akan ingin dikembangkan.

2. Menentukan Positioning-Differentiation-Brand

Positioning juga dipereloh dengan penguatan karakter diri, differentiation sudah ditentukan dari hal pembeda dari diri kita untuk disbanding dengan blogger lainnya, dan branding adalah tentang bagaimana untuk menampilkan sesuatu yang cukup Istimewa.

3. Memberikan Bukti

Bukti yang akan memperkuat sebuah reputasi. Aktualisasi diri untuk memberikan bukti pada orang lain adalah dengan konsistensi kita ke dalam penulis dan seberapa besar nilai yang kita ingin pegang dapat mewarnai di setiap tulisan.

4. Optimalisasi media sosial

Sekarang ini, blogger juga sudah dianggap sebagai influencer. Apa yang kita ingin tampilkan di media sosial juga akan mempengaruhi pada penilian orang.

Untuk itu, alangkah baiknya jika kita untuk mengoptimalkan sebuah media sosial yang tidak hanya untuk membagikan isi tulisan namun di seputar aktivitas sebagai seorang blogger juga bisa untuk kita tambahkan.

5. Kolaborasi

Saling berkunjung ke sesame blogger dan untuk berkolaborasi juga bermanfaat untuk memperkenalkan diri kepada orang lain.

Selain itu, tidak hanya salahnya kita untuk mencoba menjadi guest post di blog orang lain atau untuk membukanya di blog sendiri.

6. Evaluasi

Di setiap periode tertentu, kita sudah bisa untuk alokasikan waktu untuk mengecek media sosial apakah sudah bertambah jumlah followernya atau justrus bahkan berkurang.

Jangan lupa juga untuk mengecek postingan kita, hal apa saja yang perlu untuk diperbaiki dan ditingkatkan agar kedepannya bisa bertambah kualitas yang sduah dibuat.

Personal Branding, Ingin Dikenal Sebagai Blogger Yang Seperti Apa?

Memutuskan untuk terjun di dunia blogging dapat membuat saya untuk merenungkan banyak hal. Termasuk kembali untuk mengenali diri sendiri dan memetakan potensi yang sudah dimiliki.

Sebagaimana di setiap alasan dapat menekuni blogging untuk jadi jalan kebermanfaatan, tentunya tidak akan terlepas dari berinteraksi dengan orang lain, khususnya pada para pembaca setia.

Menjadi Seorang Lifestyle Blogger

Sebagai pemula, ternyata saya masiih belum punya cukup keberanian untuk membuat sebuah blog dengan topik yang spesifik.

Memilih untuk niche lifestyle sebagaimana yang saya tuliskan di dalam blog Impian, membuat saya agar lebih bebas untuk menuliskan beberapa tema tertentu.

Home-based Content

Untuk itu, saya akan menjadikan rumah dan segala aktivitas di dalamnya sebagai sumber inspirasi. Mulai dari halal awareness sebagai dasarnya, serba-serbi catatan dari rumah, dan sustainable lifestyle yang sedang di coba saya tekuni sebagai bentuk sayangi bumi.

Menyajikan data pendukung

Selain menjadi seorang lifestyle blogger, saat ini saying sedang menekuni di dunia big data. Dimulai dari freelance data entry specialist, belajar data processing, dan kini untuk mencoba data science.

Sebagian besar yang saya lakukan adalah dapat mengolah dan memvisualisasikan data agar orang lebih ingin menggunakan dan menerjemahkannya. Namun terkadang, saya sendiri sudah jarang menginterpretasikannya.

Akhir Kata

Mungkin itu saja yang dapat kami sampaikan tentang mengenai apa itu Personal branding untuk penulis dan blogger. Semoga informasi tersebut dapat bermanfaat bagi kita semua.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *