Press ESC to close

Teknik Branding untuk Meningkatkan Loyalitas Pelanggan

Halo sobat Digiside! Nah, pada kesempatan ini kami akan memberikan penjelasan mengenai teknik branding untuk meningkatkan loyalitas pelanggan di era digital.

Jika Anda sudah tidak sabar ingin mengetahui penjelasan dari pembahasn ini, yuk langsung simak saja sampai akhir artikel ini!

Strategi Engagement Marketing di Era Digital

Strategi Engagement Marketing di Era Digital - Teknik Branding untuk Meningkatkan Loyalitas Pelanggan

nha, langsung saja di bawah ini merupakan beberapa poin yang perlu Anda perhatikan agar dapat menggunakan teknik yang baik dan benar.

Baca Juga: Cara Memanfaatkan Personal Branding dalam Membangun Bisnis

1. Perebutan Perhatian

Di era digital, pelanggan dibombardir dengan konten setiap hari.

Ada data yang menunjukkan bahwa konsumen menerima sekitar 2,5 triliun byte data setiap hari.

Hal ini dapat membuat Anda merasa kewalahan karena terlalu banyak konten yang harus dicerna.

Sebaliknya, rentang perhatian manusia menjadi semakin pendek, hanya 8 detik.

Oleh karena itu, brand perlu mulai membangun loyalitas pelanggan jauh sebelum mempublikasikan konten atau berita.

2. Perubahan Generasi – Teknik Branding untuk Meningkatkan Loyalitas Pelanggan

Generasi tua, seperti baby boomer dan Generasi X, cenderung lebih percaya pada perusahaan yang sudah mapan.

Namun, generasi Milenial dan Gen Z  mencari pengalaman yang “wow” dan “keren”.

Milenial tertarik pada pengalaman khusus, sedangkan Gen Z menginginkan interaksi yang lebih berkelanjutan.

Mereka ingin berinteraksi dengan merek secara berkelanjutan dan jangka panjang, tidak hanya selama kampanye dan promosi.

3. Kecanduan Pacaran

Tahukah Anda bahwa 8 dari 10 orang Indonesia memeriksa ponselnya dalam waktu satu menit setelah bangun tidur?

Mereka menghabiskan waktu sekitar 8 jam 36 menit sehari untuk menjelajahi Internet dan sering mengupdate media sosial lebih dari sekali sehari .

Hal ini menunjukkan bahwa masyarakat Indonesia, khususnya generasi muda, sangat “terobsesi” dalam hal engagement, terutama melalui ponsel dan media sosial.

Untuk mengatasi tantangan ini, ada tiga teknik yang dapat Anda gunakan untuk meningkatkan pemasaran keterlibatan Anda.

Baca Juga: Membangun Bisnis Jasa Branding yang Sukses

1. Aplikasi Seluler – Teknik Branding untuk Meningkatkan Loyalitas Pelanggan

Aplikasi seluler menjadi semakin populer, dengan banyak perusahaan membuat aplikasi mereka sendiri untuk pemasaran dan keterlibatan.

Siklus hidup aplikasi ini dimulai dengan:

  • Kesadaran: Orang-orang mulai mengenal aplikasi tersebut.
  • Diperoleh: Diunduh dan didaftarkan.
  • Aktivasi: Pengguna sudah mulai aktif menggunakan aplikasi.
  • Tingkat retensi: Pengguna menggunakan aplikasi secara teratur.
  • Pendapatan: Terjadi monetisasi  pengguna.
  • Rekomendasi: orang merekomendasikan aplikasi ini kepada teman dan keluarganya.

Untuk mencapai keterlibatan yang optimal, strategi ini harus diterapkan secara berkelanjutan.

Tiga fitur utama yang populer di aplikasi seluler adalah sosial, lokal, dan seluler (SoLoMo):

  • Sosial: kolaborasi antar pengguna.
  • Lokal: Fitur personalisasi berbasis lokasi.
  • Ponsel: fitur yang dapat Anda gunakan di mana saja.

2. CRM Sosial

Berbeda dengan CRM tradisional yang bersifat bisnis dan outbound,  CRM sosial lebih fokus pada pelanggan dan inbound.

CRM Sosial melibatkan pelanggan dalam percakapan dua arah yang memungkinkan bisnis mendengarkan, terlibat, dan menangani keluhan pelanggan.

Contoh yang menarik adalah  fitur “Kejutan dan Kegembiraan” pada platform Grup Marriott, yang memungkinkan hotel memberikan kejutan kepada pelanggan berdasarkan percakapan di media sosial.

3. Gamification – Teknik Branding untuk Meningkatkan Loyalitas Pelanggan

Gamification adalah teknik umum untuk program loyalitas. Contoh gamifikasi termasuk program poin  maskapai penerbangan dan Starbucks Rewards.

Gamifikasi mencakup empat komponen utama:

  • Sistem Poin: Mengumpulkan dan menukar  poin.
  • Level : level yang menawarkan insentif untuk naik level,  dari perunggu ke emas dan banyak lagi.
  • Ajakan Bertindak: Tindakan yang diinginkan  pelanggan untuk mendapatkan poin, seperti rekomendasi, ulasan, atau transaksi.
  • Insentif: hadiah berupa status, fasilitas, atau poin yang dapat ditukarkan.

Program seperti  GoClub milik Gojek menggunakan gamifikasi untuk membangun loyalitas pelanggan dengan menawarkan level mulai dari warga negara, bos, dan nakhoda hingga putra sultan, yang masing-masing memiliki keistimewaan tersendiri.

Program ini menunjukkan kepada Anda cara meningkatkannya.

Kesimpulan

Cukup sampai sini saja pembahasna kali ini mengenai Teknik Branding untuk Meningkatkan Loyalitas Pelanggan, semoga dengan adanya artikel yang kami buat dapat bermanfaat dan bisa menambah wawasan bagi teman-teman.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *